Pernah gak kamu buka sosial media atau halaman, tiba-tiba muncul iklan atau sebuah kalimat persuasif (bujukkan) yang membuat kamu tertarik dengan penawarannya dan langsung melakukan action klik tombol atau link yang ada? 

Dalam dunia marketing hal diatas merupakan salah satu dari contoh Landing Page. Lalu apa itu Landing Page? dan apa bedanya dengan Home Page? nah, pada artikel ini kita akan bahas tentang pengertian landing page, perbedaannya dengan home page, jenis, fungsi, dan manfaat landing page. 

Apa itu Landing Page?

Landing Page merupakan suatu halaman didalam website yang didesain dengan mindset marketing. Halaman ini dibuat fokus pada satu penawaran dan  dibuat dengan tujuan spesifik agar pengunjung tertarik dengan penawaran tersebut dan langsung melakukan action tertentu, seperti membeli, memesan, atau pun mengisi formulir pada tombol atau link yang tersedia.

Perbedaan Landing Page & Home Page

Secara sepintas, kadang kita tidak bisa membedakan antara Landing Page & Home Page, namun jika dilihat lebih detail dari karakteristiknya, keduannya memiliki perbedaan yang menonjol. Yuk, kita bahas masing-masing karakteristiknya agar kita tahu perbedaannya.

Karakteristik Home Page

    • Umumnya merupakan tampilan utama sebuah website
    • Memiliki tujuan umum seperti sebagai sarana identitas bisnis, sarana memperkenalkan perusahaan, dan lain-lain
    • Kalimat yang disajikan berupa kalimat informatif, seperti sejarah singkat perusahaan, visi-misi, dan lain-lain.

Karakteristik Landing Page

    • Merupakan laman yang di desain khusus dengan mindset marketing
    • Memiliki tujuan spesifik, seperti memperkenalkan produk/ layanan atau mendapatkan leads pelanggan
    • Terdapat kalimat persuasif atau ajakan untuk melakukan action tertentu.

Jenis & Fungsi Landing page

Landing Page memiliki dua jenis dengan masing-masing fungsi dan tujuannya yang berbeda, diantarannya: 

Lead-Generation Landing Page

Jenis Landing Page ini berfungsi untuk mengumpulkan data calon pelanggan. Biasanya, jenis landing page ini memiliki formulir yang berisi Nama, Email, atau Nomor HP yang akan digunakan perusahaan untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan, dengan cara mengirimkan informasi berita, promo, penawaran terbaru, atau konten lainnya kepada pelanggan.

Contoh Lead-Generation Landing Page dari Brawn

Click-Through Landing Page

Jenis Landing Page ini memiliki fungsi untuk menggiring pengunjung agar segera melakukan action pembelian atau pemesanan pada halaman landing page. Jenis landing page ini biasanya digunakan oleh e-commerce atau model marketing B2C dan memiliki ciri khas tombol dengan perintah “Beli Sekarang”, “Pilih Paket”, “Booking Sekarang”, dan sebagainya.

Contoh Click-through Landing Page dari Brawn

Manfaat Landing page

Landing Page memiliki peran yang cukup penting dalam strategi digital marketing untuk kemajuan bisnis, diantarannya :

    • Menaikkan konversi penjualan produk/layanan bisnis Anda
    • Mempromosikan produk/layanan bisnis Anda dengan jangkauan lebih luas
    • Menjangkau lebih luas  calon customer
    • Mempermudah transaksi.

Itulah penjelasan lengkap tentang apa itu landing page, perbedaannya dengan home page, jenis, fungsi, dan manfaat landing page. 

Nah, jika ingin menggunakan landing page untuk meningkatkan kemajuan bisnis Anda silahkan Klik disini untuk membuat landing page.